Kamis, 29 Agustus 2013

Ekonomi, Kebudayaan, dan kependudukan Negara Brasil




KEGIATAN EKONOMI PENDUDUK
            Pendapatan per kapita Negara Brasil sebesar US$ 2.590. Pendapatan ini didukung oleh beberapa sektor antara lain sebagai berikut.
            1) Pertanian
            Hasil pertanian Negara Brasil merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomiannya. Kurang lebih 45% dari total komoditas ekspornya berasal dari hasil-hasil sektor pertanian.

Peningkatan sektor ini disebabkan karena adanya kebijaksanaan pemerintah Brasil untuk menambah lahan pertaniannya. Hasil-hasil pertanian antara lain
 berupa kopi (merupakan hasil terbesar), padi, kapas, coklat, tembakau, kacang kedelai, jagung, dan tebu.
            2) Peternakan
            Jenis-jenis peternakan yang diusahakan dan dikembangkan adalah babi, kambing, domba, dan sapi. Hasilnya berupa daging, susu, kulit, dan wol. Daerah pusat peternakan terdapat di Cuyaba.
            3) Perikanan
            Kegiatan perikanan di Negara Brasil berada di sepanjang pantai Atlantik dan sungai-sungai di Amazon. Jenis ikan yang di hasilkan antara lain udang, croaken, sarden dan lobster.
            4) Pertambangan
            Hasil-hasil tambangnya meliputi bijih besi (hasil besar), batu bara, perak, emas, berlian, timah hitam, forsfat, dan bauksit.
            5) Perindustrian
Sektor industri di Negara Brasil berkembang dengan pesat dan memiliki peran serta dalam menambah devisa negara. Dua pertiga kawasan industrinya terdapat di daerah Belo Horizonte, Sao Paulo, dan Rio De Jeneiro. Berikut ini jenis-jenis industri dan daerahnya :
·Industri tekstil, terdapat di Sao Paulo.
· Industri baja, terdapat di tepi sungai Paraiba
· Industri petrokimia, terdapat di Sao Paulo, Bahia, dan Rio Do Sul.
· Industri pesawat terbang, terdapat di Embaraer Tucano.
· Industri pemrosesan dan bahan makanan dan industri semen terdapat di Porto Alegre dan Recife.
· Industri bahan kimia, gelas, dan minyak tanah, terdapat di Rio De Jeneiro
6) Perdagangan
· Ekspor       : Kopi, tembakau, karet, kapas, gula, coklat, baja, bauksit, tekstil, bahan-bahan kimia dan baja.
· Impor         : Batu bara, minyak bumi, alat-alat transportasi, dan bahan-bahan karet sintetis.

KEBUDAYAAN PENDUDUK NEGARA BRASIL
Kebudayaan Brasil adalah hasil panjang perbauran antara suku Indian asli, pendatang dari Eropa dan Afrika. Unsur-unsur budaya itu telah terserap dalam perilaku dan cara hidup orang Brasil saat ini. Sulit untuk melacak kembali garis-garis batas antar unsur budaya tersebut. Tak pelak lagi, kesenian rakyat Brasil sungguh merupakan yang terkaya dan paling beragam di muka bumi ini.
Keramik dan Patung sangat banyak ditemui di timur laut Brasil. Sejumlah besar seniman lokal daerah ini tidak saja dikenal di Brasil namun juga di kalangan seniman di negara lain. Diantaranya adalah Severino, Vitalino dan Zé Caboclo. Karya-karya yang dihasilkan banyak mencerminkan kehidupan nyata serta karakter-karakter religius.
            Tarian Rakyat Brasil sangat penuh dengan ekspresi artistik dengan kekayaan irama, kostum dan koreografi. Terdapat belasan tarian Brasil-dari dramatisasi perang-perang awal antara Portugis dan Indian (Caboclinhos dan Caiapós yang dipertunjukkan di negara bagian Pernambuco dan Alagoas), sampai gambaran peperangan antara kelompok Kristen dan bangsa Moor di semenanjung Iberia (Cavalhada dari Pirenópolis di negara bagian Goiás).
            Capoeira, adalah tarian ritual bergaya perang dengan warna musik khas, ditemukan di kota Salvador-Bahia. Tarian ini merupakan perpaduan tarian dan seni bela diri. Capoeira berevolusi dari gaya perkelahian yang berasal dari Angola . Pada awal periode perbudakan sering terjadi perkelahian antara sesama budak kulit hitam, dan mereka akan dihukum jika tertangkap oleh majikannya. Oleh karena itu para budak menyamarkan perkelahian mereka dengan musik dan nyanyian. Selama bertahun-tahun capoeira berkembang menjadi olahraga. Pukulan dilayangkan hanya menggunakan kaki, tumit dan kepala, tanpa menggunakan tangan. Petarung bergerak cepat dengan gerakan roda berputar serta tangan menahan tubuh di lantai. Musik yang mengiringi capoeira termasuk berimbau, alat musik yang terbuat dari potongan kayu berbentuk panah dan kawat logam yang terbentang dari satu ujung ke ujung lainnya. Dibagian bawah alat musik tersebut ada bagian berisi biji-bijian. Pemain musik menggunakan logam tembaga untuk menghasilkan bunyi unik bergema dari kawat yang terbentang. 

PENDUDUK NEGARA BRASIL
            Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2 .
            Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.
            Agama yang dianuta sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia.



1 komentar: